Home / Piala Dunia / Analsia Kegagalan Spanyol Di Piala Dunia 2014

Analsia Kegagalan Spanyol Di Piala Dunia 2014

Saat ini, langkah Timnas Spanyol di ajang Piala Dunia 2014 Brasil secara resmi telah terhenti meski sejatinya mereka masih mempunyai satu pertandingan sisa yang harus dijalani guna menuntaskan kompetisi di Grup B.

Dipertandingan sisa tersebut nantinya Spanyol akan melawan Australia yang mana tim kanguru tersebut juga secara resmi terlempar dari panggung kompetisi Piala Dunia karena dua tiket yang tersedia telah diraih oleh Belanda dan Chile berkat dua kali kemenangan yang mereka raih secara beruntun.

Secara matematis, dua kekalahan di fase grup Piala Dunia akan membuat tim tersebut secara otomatis gagal melaju ke babak selanjutnya. Sedangkan jika ada tim yang meraih dua kemenangan, maka ia sudah dipastikan meraih satu tiket menuju fase knock out.

Lalu apa alasan Spanyol gagal mendapatkan tiket menuju babak 16 besar mengingat status mereka sebagai tim juara bertahan? Berikut ulasannya.

1. Tumpulnya Lini Depan
Diego Costa dan Fernando Torres yang menjadi ujung tombak tim matador gagal menunjukan peforma terbaiknya sehingga saat ini Spanyol hanya mampu mencetak satu gol, itupun dari titik putih oleh Xabi Alonso.

2. Strategi Terbaca
Strategi yang diterapkan oleh Vicente Del Bosque tampak berhasil dibaca dan dipatahkan dengan baik oleh Belanda sehingga mereka hancur dengan skor 1-5 di pertandingan awal.

3. Mental Yang Hancur
Kekalahan telak tersebut tampaknya membuat mental Spanyol drop sehingga mereka juga bermain sedikit keteteran saat melawan Chile. Terbukti, kekalahan 0-2 membuat mereka terlempar dari panggung kompetisi.

4. Menurunnya Peforma Casillas
Secara keseluruhan tentu Casillas tak pantas dikambing hitamkan. Akan tetapi, terlihat jelas bahwa peformanya sangat jauh menurun sehingga gawangnya saat ini sudah kemasukan tujuh gol hanya dari dua pertandingan saja.

5. Rapuhnya Lini Pertahanan
Siapa sangka pemain-pemain besar seperti Sergio Ramos, Javi Martinez, Gerard Pique dan lain-lain tak mampu melindungi gawang yang dikawal Casillas? Mereka tampak kurang kompak dan kerap melakukan kesalahan-kesalahan mendasar.

6. Lini Tengah Tak Kreatif
Jika diperhatikan, bola yang dikuasai Spanyol hanya mampu bertahan di lini tengah. Matinya pergerakan dari pemain-pemain tengah seperti Iniesta, Xavi, Fabregas, Silva dan Alonso membuat suplai bola ke lini depan jadi berkurang.

7. Kurang Berani Menjajal Hal Baru
Del Bosque tampak kehilangan akal di Piala Dunia kali ini. Tak terlihat adanya jalan alternatif seperti strategi baru atau mencoba mempercayakan pemain-pemain seperti Santi Cazorla, Koke, Pedro dan beberapa pemain lainnya untuk tampil sejak menit awal pertandingan sehingga Spanyol terlihat bermain monoton.

About wans kriting

Check Also

gianluigi donnarumma - timnas italia

Tampil Full, Gianluigi Donnarumma Berterima Kasih Pada Buffon

Sepak.com –¬†Gianluigi Donnarumma bermain penuh selama 90 menit di Timnas Italia untuk yang pertama kalinya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *