Home / Piala Dunia / Kontroversi Penggunaan Vanishing Spray di Piala Dunia 2014

Kontroversi Penggunaan Vanishing Spray di Piala Dunia 2014

Usai menuai banyak pujian dalam partai ujicoba pada Piala Dunia U-20 tahun 2013, Piala Dunia U-17 tahun 2013 serta Piala Dunia Antarklub 2013, Federasi Sepakbola Terbesar Dunia atau biasa disebut FIFA akhirnya memutuskan unuk menggunakan Vanishing Spray pada Piala Dunia 2014. Sang Presiden, Sepp Blatter pun cukup dipuaskan dengan manfaat alat itu.

Bagi anda yang belum tahu, Vanishing Spray merupakan semprotan yang sebagian besar diisi air itu akan langsung menghilang dalam beberapa detik usai digunakan sebagai penanda garis pagar betis dan tempat dimana seorang pemain mengeksekusi tendangan bebas.

Alat ini menjadi salah satu teknologi terbaru yang diresmikan FIFA pada turnamen terbesar sejat. Sebelumnya juga sudah diresmikan teknologi garis gawang pada Piala Dunia 2014, yang diharapkan dari kedua teknologi tersebut adalah mampu mengurangi kesalahan maupun kecurangan yang terjadi di lapangan.

Salah satu wasit ternama di dunia, Howard Webb, juga merasa puas dengan kegunaan alat semprot ini. “Alat ini bisa membantu para wasit untuk mengurangi sedikit kecurangan pemain dalam melakukan tendangan bebas, sebaliknya tim yang sedang menyerang akan mendapat posisi lebih baik dalam mengeksekusi bola mati,” lanjutnya.

Kendati begitu, ada juga pihak yang tidak senang dengan kegunaan alat tersebut, salah satunya adalah penjaga gawang tim nasional Jerman, Manuel Neuer. Pemain Bayern Munchen ini kurang begitu yakin alat itu akan berdampak positif.

“Saya pikir alat itu (Vanishing Spray) sama sekali tidak membantu, malah akan membuat pertandingan semakin tertunda. Hal ini tentu saja merugikan, terutama dengan tim dengan pertahanan yang sangat rapat,” ujar kiper Bayern Munchen tersebut.

About rios chibie

Check Also

Roberto Mancini Membuka Kesempatan jadi Pelatih Timnas Italia

Pelatih Zenit St Petersburg, yakni Roberto Mancini mengawali kesempatan sebagai pelatih timnas Italia masa depan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *