Home / Piala Eropa / Shevchenko Kini Mengemban Tugas Manajer di Ukraina

Shevchenko Kini Mengemban Tugas Manajer di Ukraina

Sepak.com – Andriy Shevchenko merupakan sosok pemain yang mempunyai kontribusi besar dan unggulan bagi Ukraina. Usai berhasil tampil mengesankan sebagai pemain, kini dirinya dipilih menjadi pengganti manajer timnas negaranya.

Penyerang asal Ukraina ini baru saja dipilih menjadi manajer timnas Ukraina guna mengemban tugas yang sebelumnya disandang Mykhaylo Fomenko. Di bawah arahan Fomenko, Ukraina sukses melaju ke babak final Piala Eropa 2016 tetapi lantas harus pulang lantaran tersisihkan di fase grup.

Setelah Fomenko mengundurkan jabatanya, Shevchenko dinilai sosok yang pantas untuk mengemban tugas tersebut. Di hari Jumat (17/7/2016) waktu setempat, pria berusia 39 tahun ini akhirnya resmi dipilih untuk menjadi manajer.

Sebelumnya, Shevchenko belum pernah mengemban tugas sebagai kepala manajer, dirinya sebelum ini cuma menjadi tangan kanan Fomenko kala Ukraina melawan Jerman, Irlandia Utara, dan Polandia dalam fase grup Piala Eropa 2016. Kekalahan selalu didapat dalam tiga pertandingan itu.

Shevchenko dulunya adalah pemain yang mempunyai kesuksesan cukup besar dalam kariernya. Ballon d’Or tahun 2004 merupakan pencapaian individual tertingginya.

Bersama-sama Dinamo Kiev, yang mana adalah klub profesional perdananya, dirinya sukses menorehkan 12 trofi juara. Tampil gemilang di Liga Ukraina, dia direkrut AC Milan pada 1999. Bersama Rossoneri dia sukses mencatatkan masing-masing satu Scudetto, Coppa Italia, Piala Super Italia, Liga Champions, dan Piala Super Eropa.

Sheva juga sempat merasakan turnamen Premier League kala bermain bersama Chelsea di tahun 2006. Sayangnya dia tak tampil mengesankan di sana dan malah dinilai sebagai salah satu pembelian yang paling mengecewakan di Liga Inggris. Bersama The Blues dia menggapai trofi Piala FA, Piala Liga Inggris dan Community Shield.

Sempat bergabung kemabali bersama klub lamanya yakni Milan serta Kiev, Shevchenko akhirnya memutuskan untuk pensiun di tahun 2012. Di Timnas Ukraina (junior dan senior) dia mencatatkan 48 gol dalam 111 laga.

About billy

Check Also

carlo ancelotti

Ancelotti Kembali Italia 10 Tahun Lagi

Mengarsiteki tim nasional Italia nampaknya belum ada dalam benak pelatih kondang Carlo Ancelotti. Ia mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *